Mang Oded

Foto diambil dari Republika.co.id
Foto diambil dari Republika.co.id


Jumat, 10 Desember 2021

Dari Iyad bin Himar RA berkata “saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, penghuni surga itu terdiri dari 3 kelompok, yaitu penguasa yang adil dan disenangi, orang yang memiliki sifat kasih sayang dan lunak hati pada setiap sanak keluarga dan setiap muslim, serta orang miskin yang menjaga kehormatan dirinya sedangkan ia mempunyai keluarga (HR Muslim).

Dari hadits diatas, Rasulullah menjelaskan ada jaminan surga bagi para pemimpin. Pemimpin disini dapat diartikan juga pemimpin pemerintahan, pemimpin negara, pemerintah daerah dan lainnya. Untuk pemimpin seperti apa surga itu, tentunya hanya untuk pemimpin yang adil dan dicintai rakyatnya.

Ada pertanyaan adakah saat ini pemimpin yang adil dan dicintai rakyat?. Sama beratnya dengan pertanyaan adakah contoh pemimpin yang masuk kategori tersebut. Sejatinya akan selalu ada pemimpin yang adil, soleh, dan dapat dijadikan contoh oleh masyarakat atau pemimpin lainnya.

Kematian Mang Oded Walikota Bandung telah ditangisi banyak orang. Gelombang arus shalat mayit untuk menyolatkan almarhum membuat tambah yakin bahwa Mang Oded pemimpin yang baik. Hadits lain mengatakan bagaimana keutamaan orang yang meninggal dihari Jum’at dan sedang melakukan perbuatan baik.

Akhirnya pelepasan pun dilakukan, selamat jalan pemimpin yang baik, soleh, dan berhasil dikeluarga dan masyarakat. Terakhir kami menjawab pertanyaan Prof. Dr. Miftah Farid dalam kata kata pelepasan “apakah almarhum orang baik?”. Ya Almarhum orang baik, almarhum pemimpin dan guru yang mengajarkan hidup dan solusi hidup dengan al-qur’an.

Selamat jalan mang Oded, kami teringat perkataan Imam Ghazali. Kami yang pantas untuk menangis, karena kematian kami belum tentu se indah kepergianmu.

Ditulis untuk mengenang kepergiaan mang Oded.

Lukman Surya Saputra, M.Pd